9 Tips Aman Memilih Mobil Bekas

Terima kasih jika berkenan Bantu Share

Ingin membeli mobil namun terkendala masalah keuangan?

Cobalah membeli mobil bekas. Tidak ada salahnya jika menjadikan mobil bekas sebagai salah satu kendaraan keseharian anda. Yang terpenting anda harus cermat dalam memilih mobil agar bisa terhindar dari berbagai macam kejadian yang tidak mengenakan di kemudian hari.

Nah, untuk itu diperlukan kecermatan khusus agar anda bisa selamat dalam memilih mobil bekas. Penasaran ingin tahu caranya? Simak ulasannya dibawah ini:

Latar belakang mobil bekas yang anda pilih

Telusurilah asal muasal mobil bekas anda mulai dari apa dan kenapa dijual. Apakah sebelumnya pernah terjadi kecelakaan, terendam banjir, hingga mengetahui siapa pemilik sebelumnya.

Mintalah bantuan dari teman

Jika anda termasuk seseorang yang kurang paham masalah mobil bekas, ada baiknya untuk meminta bantuan terhadap teman anda untuk memilihkan jenis mobil bekas mana yang tepat.

Perhatikan kemulusan mobil

Hindari memilih mobil bekas yang habis tabrakan. Biasanya mobil bekas tabrakan memiliki banyak masalah, ciri utamanya mobil tersebut bekas tabrakan adalah bentuk body mobil yang telah berdempul.

Test drive

Meskipun mobil bekas, namun harganya tetap saja tinggi hingga kisaran puluhan juta. Karena hal itulah pastikan untuk cermat dalam memilih agar nantinya tidak menyesal. Untuk meyakinkannya coba lakukanlah test drive. Jika suara mesin masih terdengar halus dan bagian kaki serta sespuensi terasa empuk maka mobil bekas ini layak untuk anda miliki.

Cek selalu jarak tempuh

Lihat jarak tempuhnya dan juga tahunnya, jika jarak tempuh tidak sesuai dengan tahun pembuatan maka anda harus berfikir ulang ketika membelinya.

Cek panel dashboard beserta lampu indicator

Cek panel dan juga lampu indikaor. Mintalah penjual untuk menyalakan mesin mobil dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Pastikan setiap lampu indicator mampu menyala dengan baik sesuai fungsi masing-masing.

Cek anggaran dana untuk suku cadang

Perhitungkan suku cadang yang diperlukan dari sebuah mobil bekas. Perhitungkan mulai dari transimisi, suara yang tidak halus, body yang berkara, dan lain sebagainya. Jika harga yang dikeluarkan nantinya tidak cocok, sebaiknya hindari memilih mobil tersebut.

Fitur entertainment

Meskipun anda memilih mobil bekas, perhitungkan pula kelengkapan fitur entertainmentnya. Pastikan mobil yang anda miliki memiliki kelengkapan berupa pemutas CD, AC, colokan USB, dll. Ini agar anda nantinya tidak menyesal ketika telah membeli mobil bekas.

Surat-surat kendaraan

Salah satu hal yang paling penting adalah mengecek ketersediaan surat-surat kendaraan. Sebuah kendaraan yang legal dan baik pastinya memiliki surat yang lengkap. Tidak hanya itu, pastikan pajak kendaraan juga tidak jatuh tempo.

Itulah 9 tips sukses jika untuk memilih mobil bekas yang bisa anda terapkan. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Terima kasih jika berkenan Bantu Share

About Ari Suseno

Anak petani, Publisher Google, YouTube, Affiliate (2004 - Sekarang). Jika anda ingin belajar membuat blog, website, Google Adsense, Affiliate, ngembangin channels YouTube kamu. Dengan senang hati siap berbagi ilmu, selama saya mampu dan bisa :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *